(0752)485395


 

Kajian Pengelolaan Sampah

Permasalahan sampah bukan lagi sekedar masalah kebersihan dan lingkungan saja, tetapi sudah menjadi masalah sosial yang mampu menimbulkan konflik. Kondisi ini lebih parah lagi, sebab hampir semua Kota di Indonesia baik Kota Besar maupun Kota Kecil tidak memiliki penanganan sampah yang baik. Umumnya Kota di Indonesia memiliki manajeman sampah yang sama yaitu dengan metode kumpul-angkut-buang. Perbedaannya hanya terjadi pada modifikasi yang dilakukan tapi pada dasanya adalah sama. Sebuah metode manajemen persampahan klasik yang akhirnya berubah menjadi praktik pembuangan sampah secara sembarangan tanpa mengikuti ketentuan teknis di lokasi yang sudah ditentukan (proses open dumping).
Kota Padang Panjang merupakan salah satu Kota di Sumatera Barat yang memiliki luas 23 Km persegi dengan jumlah penduduk kondisi terakhir lebih kurang 52.422 orang dengan 2 (dua) buah Kecamatan dan 16 Kelurahan. Kondisi ini memberikan pengaruh terhadap berbagai sektor yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat, salah satunya adalah penyediaan infrastruktur perkotaan termasuk sarana dan prasarana persampahan. Karena pada dasarnya masalah persampahan terkait erat dengan perkembangan jumlah penduduk dan prilaku masyarakat dalam pola pembuangan sampah yang saat ini sudah menjadi semakin komplek disetiap daerah termasuk di kota Padang Panjang.
Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penanganan sampah di Kota Padang Panjang melalui pengelolaan yang konprehensif dalam jangka panjang secara keseluruhan diperlukan penyusunan kebijakan investasi untuk pembangunan infrastruktur pengelolaan sampah. Sehubungan dengan hal itu maka hasil darik kegiatan kerjasama studi pengelolaan sampah ini dapat digunakan sebagai acuan bagi pihak ketiga untuk mengelola persampahan di Kota Padang Panjang atau dapat juga dijadikan panduan bagi Dinas/Instansi yang terkait untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengelolaan persampahan.


Silahkan download dokumen via link di bawah ini:

https://bit.ly/FS-Sampah-PP